Fakultas Peternakan Unpad

Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran yang dirintis oleh Prof. Dr. Didi Atmadilaga berdiri Tahun 1963 berdasarkan SK Menteri PTIP No.86/63 Tanggal 27 Juli 1963 dan diresmikan pada Tanggal 1 September 1963. Pada awal masa berdiri, proses belajar mengajar dilaksanakan di Kampus Universitas Padjadjaran yang terletak di Jl. Dipati Ukur 35, Jl. Dago No 4, dan Singa Perbangsa Bandung. Selanjutnya sejak Tahun 1969, segala aktivitas akademik dan administratif dilaksanakan secara terpusat di Kampus Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran di Jl. Bukit Dago Utara atau yang lebih dikenal dengan kawasan Dago Tea House Bandung. Mulai Tahun 1986, Fakultas Peternakan menjadi salah satu perintis yang menempati kampus Universitas Padjadjaran di kawasan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Sejak berdiri sampai saat ini, Fakultas Peternakan telah meluluskan 5601 alumni yang terdiri atas 84 Doktor (S3), 162 Magister (S2), 4.394 Sarjana (S1), dan 961 Akhli Madya (A.Md) lulusan Program Diploma III. Lulusan tersebar di berbagai instansi dan bidang usaha, baik sektor pemerintahan, swasta, wirausaha, agribisnis, perbankan, pendidikan, pusat penelitian dan pengembangan, dan sebagainya.


B. VISI, MISI, TUJUAN
Visi:
Menjadi Fakultas yang memiliki komitmen terhadap keunggulan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi peternakan yang ramah lingkungan.
Misi:
1. Menyelenggarakan pendidikan peternakan pada berbagai strata di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi peternakan secara efektif dan efisien dengan kurikulum yang berbasis kompetensi.
2. Menyelenggarakan pengkajian, penelitian, pengembangan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi peternakan yang adaptif dan kompetitif.
3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat secara proaktif melalui penyebaran dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi peternakan yang sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat.


C. TUJUAN PENDIDIKAN DAN KOMPETENSI LULUSAN
1. PROGRAM SARJANA (S1)
Tujuan Pendidikan
(a) Menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang peternakan berlandaskan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
(b) Menghasilkan lulusan yang menguasai dasar-dasar ilmiah sehingga mampu berpikir, bersikap, dan bertindak sebagai ilmuwan
(c) Menghasilkan lulusan yang memiliki komitmen terhadap pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi peternakan ramah lingkungan.

Kompetensi Lulusan
Melalui kurikulum dan metode pembelajaran yang dikembangkan, lulusan program sarjana Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran diharapkan akan memiliki kompetensi:

Motivasi (Motivation)
a. Memiliki rasa ingin tahu tentang dinamika perkembangan ipteks dan kehidupan masyarakat khususnya dalam bidang peternakan.
b. Memiliki keinginan yang kuat untuk menguasai dan mengembangkan ipteks khususnya bidang peternakan, serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan profesi dan masyarakat lainnya.
c. Memiliki kemauan yang kuat untuk selalu meningkatkan kualitas pengetahuan, sikap, kemampuan dan keterampilan.

Sikap (Attitude)
a. Memiliki sikap yang positif terhadap perkembangan iptek, budaya, dan pekerjaan.
b. Memiliki sikap untuk menghargai upaya interdisiplin dalam mengeksplorasi, memanfaatkan, dan melestarikan sumber daya alam dan lingkungan
c. Memiliki sikap keterbukaan, jujur, bertanggung jawab, dan berprilaku entrepreneurship

Keterampilan (Skill)
a. Terampil dalam mengelola ide, konsep, penemuan, pengembangan dan penerapan iptek khususnya dalam lingkup ilmu dan teknologi peternakan, bisnis, dan analisis kebijakan
b. Terampil dalam mengkomunikasikan/menyajikan ide, konsep, dan penemuan dalam bentuk karya tulis dan/atau presentasi ilmiah.
c. Terampil dalam membangun jejaring (networking) dengan pihak lain.

Kemampuan (Ability)
a. Mampu mengembangkan dan menerapkan ilmu dan teknologi khususnya dalam bidang peternakan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
b. Mampu menganalisis dan memecahkan permasalahan di bidang peternakan melalui penelitian, pengembangan, dan penerapan ilmu berdasarkan kaidah ilmiah.
c. Mampu bekerja dalam tim dan beradaptasi dengan lingkungan kerja dan masyarakat secara baik

Pemahaman (Knowledge)
a. Memahami konsep dan teori ilmu peternakan secara komprehensif.
b. Memahami metodologi pengembangan dan penerapan iptek dalam bidang ilmu peternakan
c. Memahami perkembangan dan dinamika usaha peternakan secara komprehensif